10 Perkembangan Teknologi

Semakin lama teknologi semakin canggih, hampir setiap orang belum merasakan kepuasan tentang teknologi, setiap ada teknologi terbaru pasti hampir semua orang ingin mencobanya. Berikut adalah 10 Perkembangan Teknologi yang mungkin beberapa sudah terjual di pasaran

1. Portable PC / Intel Compute Stick

Intel Compute Stick memang merupakan terobosan baru di mana kita bisa menggunakan alat ini sebagai CPU mini yang bisa ditancapkan ke port HDMI TV atau monitor kita. Perangkat mini ini telah diluncurkan dengan harga 150 USD dengan sistem operasi Windows. Dan kabar terbarunya, sekarang Intel Compute Stick hadir dengan pilihan sistem operasi Linux dengan harga yang lebih murah lagi.
Spesifikasi yang ditawarkan oleh mini PC Compute Stick ini bisa dikatakan sangat standar. Hal ini terlihat dari spesifikasi Compute Stick yang mengandalkan sokongan tenaga dari prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB DDR3L dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Kinerja yang dihasilkan oleh Intel Compute Stick ini menurut Tuxlin sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari, seperti menjalankan aplikasi Office, memainkan game kasual, browsing, chatting, dan komputasi dasar lainnya. Komputer mini ini tersedia dalam dua varian, yakni dengan sistem operasi Windows atau Ubuntu Linux.
Model Linux menggunakan distro Ubuntu 14.04.2 LTS 64-bit namun sayangnya RAMnya hanya 1GB , yang lebih kecil dibanding versi windows yang menggunakan RAM 2GB, lalu tak ketinggalan ada juga 8GB internal storage untuk menyimpan data.
Namun memang harga yang ditawarkan untuk versi Linux ini hanya 100 USD, 50 USD lebih murah dari versi Windows, jadi maklum bila spesifikasi RAMnya juga sedikit lebih rendah.

2. Virtual Laser Keyboard

Virtual Laser Keyboard merupakan sebuah jenis piranti lunak atau biasa disebut software alternatif yang dapat dipakai untuk mempermudah user ketika berhadapan denga komputer sebagai media untuk mengerjakan pekerjaannya. beberapa insinyur IBM telah memutuskan untuk membuat Virtual Laser Keyboard itu dipatenkan yang telah berlangsung pada tahun 1992.

Virtual Laser Keyboard dapat dikatakan sebagai bentuk perangkat yang berbasis revolusioner yaitu sebuah perangkat yang hanya satu-satunya dapat berjalan dan dioperasikan dengan keadaan gelap gulita, karena dalam keadaan gelap total keyboard standar atau biasa pada umumnya tidak dapat beroperasi karena kesulitan dalam proses mengetik ke jendela kerja komputer.

Dan taukah anda ? bahwa Virtual Laser Keyboard sangat memiliki keuntungan yang tidak ada pada keybord pada umumnya, nah salah satunya keyboard jenis virtual ini dapat menghindari adanya kejahatan komputer yang dapat berjalan ketika user mengetik pada keyboard sesungguhnya sebagaimana serangan virus, trojan, bahkan spyware, dan pelaku blackhacker yang mana tugas seorang penjahat komputer adalah sebagai seorang pencuri dan perusah data informasi serta perusak sistem operasi dalam komputer.

Penjelasan tidak berhenti disitu saja dalam teknologi inovasi Virtual Laser Keyboard juga bekerja menggunakan infra red dengan sensor yang dapat membaca tangan kita ketika mengetikkan sesuatu dalam Virtual Laser Keyboard tersebut.

3. Virtual Reality

Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
Sistem seperti ini biasanya dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, insinyur, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Lingkungan virtual reality pada umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya adalah gambar-gambar bersifat dinamis. Melalui Headphone atau speaker, pendengar akan mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah-olah merasakan pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

4. Printer 3D

3D Printing atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses membuat objek padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari model digital. Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan tehnik membuat objek dari sejumlah layer/ lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya.Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sistem informasi geografis sampai biotech (penggantian jaringan tubuh manusia).
Prinsip dasar atau cara kerja mesin printer 3D secara umum terbagi pada 3 tahapan proses yaitu Model objek 3D, Printing dan Finishing. Model objek 3D dapat dibuat dengan bantuan design komputer atau scanner 3D, proses ini menganalisa dan mengumpulkan data dari objek nyata untuk kemudian bentuk dan penampilannya dibuat digital sebagai model tiga dimensi. Proses Printing atau mencetak menggunakan prinsip dasar Additive Layer (lihat definisi di atas) dengan rangkaian proses mesin membaca rancangan tiga dimensi dan mulai menyusun lapisan secara berturut turut untuk membangun model dalam serangkaian proses lengkap. Lapisan-lapisan ini yang dihubungkan oleh model virtual (3d model) digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yang utuh. Keunggulan utamanya adalah mesin printer 3d dengan teknik ini dapat membuat bentuk apapun tanpa batas. Tahap Finishing dapat dilakukan secara manual untuk menyempurnakan bagian-bagian kompleks yang mungkin disebabkan oleh oversized atau ukuran yang berbeda dari yang diinginkan. Tehnik tambahan untuk menyempurnakan proses ini dapat pula menggunakan tehnik multiple material atau material berbeda; multiple color atau kombinasi warna

5. Teknologi Biometrics

Sebuah sistem biometrik pada dasarnya adalah sistem pengenalan/identifikasi pribadi dengan menentukan keaslian dari suatu karakteristik fisiologis, ataupun perilaku tertentu yang dimiliki oleh si pengguna. Teknologi biometrik demikian didefinisikan sebagai metode otomatis untuk mengidentifikasi dan otentikasi identitas seseorang berdasarkan karakteristik fisiologis maupun perilaku si pengguna. Sistem biometrik dapat berupa sistem identifikasi maupun sistem verifikasi (otentikasi) yang pembahasannya ada di bawah ini:

• Identifikasi: One to Many
Pembandingan sampel biometrik individu terhadap seluruh database dari template referensi biometrik, untuk menentukan apakah data sampel cocok dengan salah satu template dari database.

• Verifikasi: One to One
Pembandingan dua set data biometrik untuk menentukan apakah mereka berasal dari individu yang sama.

Otentikasi biometrik membutuhkan pembandingan sampel biometrik yang terdaftar (template biometrik atau identifier) terhadap sampel biometrik yang baru diambil (misalnya, pada saat login). Ini adalah proses yang terdiri dari tiga langkah: Capture (pengambilan data), Process(pemrosesan data), dan Enroll (proses pendaftaran) yang kemudian diikuti oleh proses verifikasi ataupun identifikasi sesuai kebutuhan.

Selama proses Capture, data dasar biometrik ditangkap oleh perangkat pengindera, seperti pemindai sidik jari ataupun kamera. Lalu kemudian ada tahap Process di mana karakteristik yang membedakan diambil dari sampel biometrik mentah dan diubah menjadi rekaman identifier biometrik (template biometrik). Selanjutnya adalah tahap Enroll, di mana rekaman identifier ini disimpan atau didaftarkan dalam media penyimpanan untuk kemudian dibandingkan selama proses otentikasi. Dalam banyak aplikasi komersial, hanya sampel biometrik yang telah diproses (rekaman identifier) yang akan disimpan. Sampel biometrik asli tidak dapat direkonstruksi dari rekaman identifier ini.

6. Li-Fi

Light Fidelity (disingkat Li-Fi) merupakan teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang berkecepatan tinggi dan mirip dengan teknologi Wi-Fi. Istilah ini dicetuskan oleh Harald Haas dan merupakan sebuah bentuk dari komunikasi yang memanfaatkan cahaya tampak. Teknologi ini dapat menjadi pelengkap komunikasi RF (Wi-Fi atau jaringan seluler).

Sejauh ini, kecepatan yang telah tercatat adalah 100 kali lebih cepat dari penerapan Wi-Fi,atau hampir setara 224 gigabita per detik.

Untuk membuat Li-Fi ini bekerja, Anda membutuhkan dua sumber cahaya yang berada pada masing-masing ujung perangkat. Sumber cahaya yang bisa digunakan yaitu LED atau detektor foto (Light Sensor). Saat cahaya LED menyala, cahaya sensor pada ujung perangkat lainnya akan mendeteksinya dan mengartikannya sebagai biner 1.

Lalu seperti apa sebuah data dapat dikirimkan dengan teknologi Li-Fi ini? Dalam jumlah cahaya LED tertentu tadi, sebuah pesan akan dapat dikirimkan dan kemudian ditangkap oleh detector cahaya pada perangkat lainnya.

Selanjutnya teknologi Li-Fi ini akan memakai beberapa warna pada cahaya LED. Jika warna-warna ini menyala bersama-sama maka hal ini akan menciptakan bangunan informasi yang sangat besar untuk dikirimkan secara sekaligus.

Saat ini saja hanya dengan penggunaan laser warna hijau dan laser warna merah dengan bersamaan sebuah data bisa terkirim pada kecepatan 1 Gbps. Bagaimana jika teknologi ini menggunakan banyak warna? Tentu saja kecepatannya akan mencapai berkali-kali lipat.

7. Wireless Display

Wireless Display adalah salah satu teknologi yang paling baru dan juga canggih yang diprakarsai oleh perusahaan komputer terbesar yaitu Intel. Apabila kita menggunakan Wireless Display, maka komputer atau laptop tak perlu dihubungkan dengan kabel.

Teknologi ini juga dapat membuat sebuah komputer atau laptop dapat terhubung dengan komputer atau laptop yang lain. Dan untuk kamu yang sering mempresentasikan sesuatu di depan publik, tentu teknologi ini akan sangat membantu dalam hal tersebut.

Kamu tidak perlu untuk memasang kabel untuk mempresentasikan hasil kerja kamu. Kita cukup dengan gunakan teknologi ini, maka kamu sudah dapat mempresentasikan apa pun secara mudah.

8. Creative Desktop dengan Touch Mat

Selanjutnya, teknologi komputer terbaru adalah Creative Desktop dengan Touch Mat. Yang mana teknologi ini diciptakan oleh perusahaan komputer yang bernama HP (Hewlett-Packard).

Teknologi ini seperti halnya kanvas yang telah dikombinasikan dengan menggunakan komputer yang berteknologi kamara 3D. Teknologi ini dapat memungkinkan penggunanya dalam memindai berbagai benda yang terdapat di depan komputer, kemudian memanipulasinya dengan kanvas tadi yang berada di atas meja.

Misalnya, ada sebuah cangkir yang berada di depan komputer ini, kemudian komputer tersebut akan memindai cangkir tadi. Setelah gambarnya berada di dalam komputer, maka kamu dapat memanipulasi gambar tadi sesuai dengan keinginan dengan cara menggunakan kanvas yang berada di depan komputermu.

9. Cybertecture Mirror

Saat ini berbagai macam peralatan elektronik dihadirkan dalam konsep layar sentuh, mulai dari ponsel pintar hingga televisi. Kini hadir suatu teknologi terbaru dan tercanggih dengan konsep yang sama, tapi lebih mengagumkan.

Pasalnya teknologi ini bukan merupakan alat elektronik, melainkan sebuah cermin pintar. Ya, cermin pintar bernama Cybertecture Mirror ini dilengkapi dengan teknologi super canggih. Cermin ini diproduksi oleh sebuah perusahaan di Hong Kong.

Perusahaan tersebut memperkenalkan produk teranyarnya, yaitu cermin revolusioner yang memiliki tampilan berupa program aplikasi digital. Bukan hanya itu, yang lebih mencengangkan lagi adalah cermin pintar ini dilengkapi fitur speaker stereo, WiFi, Waterproofing, IP41, dan berbagai fitur canggih lainnya.

Cermin pintar tersebut dapat digunakan dalam dua mode, yakni mode aktif dan pasif. Cybertecture Mirror ini dapat dikendalikan melalui remot kontrol atau ponsel pintar. Ya, cermin ajaib ini bisa disambungkan dengan ponsel pintar milik kita.

Cermin pintar ini bisa dimanfaatkan sebagai asisten pribadi Anda. Mengapa demikian? Karena, cermin ajaib ini mampu memberikan berbagai informasi penting, dapat digunakan sebagai alat komunikasi, serta mampu memantau kesehatan Anda melalui sebuah sensor otomatis.

Teknologi terbaru dan tercanggih ini sangat cocok digunakan di kantor, rumah sakit, rumah, atau pun di berbagai lingkungan public. Cermin pintar ini dibanderol HKD 60.000 ($ 7.733) atau sekitar Rp104.395.500.

10. Komputer Kuantum

Kabarnya komputer ini akan digunakan oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) dan digunakan pula oleh google NASA. Komputer ini menggunakan prinsip fisika kuantum dan tidak menggunakan Bits tapi ia menggunakan GuBits yang akses kecepatan nya 3600 lebih cepat dari komputer konvensional. Komputer kuantum ini bisa menyelesaikan masalah matematika hanya dengan sepersekian detik, karena memang di dalam nya tertanam Processor D-Wave Two

Itulah 10 Perkembangan Teknologi, ada yang sudah dijual di pasaran, dan ada juga yang akan ada nantinya.

Leave a Reply